Tips Menyusui Saat Puasa ala Indria dengan Bayi MPASI

Assalammualaikum!
Aloha!

Alhamdulillah udah masuk puasa hari ke-5. Gimana puasanyaaa? Adakah yg sudah bolong? :p :p :p moga lancar trus ya sampai hari kemenangan menyambut kita semua :)

Kebetulan tahun ini saya mendapat predikat Ibu Menyusui saat Ramadhan tiba plus Ibu Pekerja dengan bayi yang sudah MPASI. Dari sebelum Ramadhan dateng, udah galau duluan, galau puasa atau engga ya tahun ini. Karna tahun lalu, saat jadi Ibu Hamil, aku ga puasa full sebulan, yang menyababkan aku harus membayar fidyah dihari-hari yang aku tinggalkan. Tp untuk tahun ini, pengen banget puasa lagi, alasan utama karna udah banyak bolongnya tahun lalu, dan ga tau kapan menggantikannya (karna masih nyusu), jadi tahun ini pengen mengurangi beban utang puasa aja plus selagi masih mampu, yaa puasa aja sis.

Nah, selama empat hari puasa kemarin, Alhamdulillah masih lancar puasanya, emang ada beberapa rules yg aku patuhi untuk bisa goal puasa keesokan harinya. Ini dia tips-tips ala aku:

  1. Perbanyak minum air putih sis saat berbuka dan sahur. Ya selama masih melek tuh mata, minum aja sebanyak-banyaknya, sampe kembung perut lol karna air itu asupan paling utama untuk ASI. Kalau kalian Ibu Pekerja kaya aku yg harus mompa-mompa, ini penting banget, karna akan menjaga kuantitas hasil pompaan. Tapi kalau kalian direct breastfeed selalu, penting juga sih, tp yaaa pada dasarnya jika dihisap oleh bayi, insyaAllah ASI nya ada trus, so don't worry.
  2. Infused water ala Rasulullah. Nah, ini viral banget sih ada dimana mana gitu. Gue minum ini saat sahur. Jadi malem hari gue endepin 7butir kurma tanpa biji di air putih, masukin kulkas, waktu sahur tiba gue minum campur sama susu UHT. Dan ini enaaaak! Habis minum itu sih agak kenyang ya, tp gue masih bisa masuk sepiring nasi lagi kok *rakus* :p
  3. Makan tetap 3x sehari yaa Gengs. Pada dasarnya Puasa itu bukan mengurangi makan, cuman mengurangi ngemil dan mengubah jam makan saja. Jadi para busui tetaplah makan besar 3x gengs! Kenapa? Karna gue pernah buka puasa cuman pake bakso tanpa nasi karna gigi lagi sakit, besoknya pas puasa, seharian kepala gue sakit padahal sahur udah makan nasi sepiring. Jadi makannya tetep 3x ya. Biasanya gue makan besar habis maghrib, dan akan makan lagi sebangsa mie, siomay, sate, dll saat habis isya/teraweh.
  4. Makan makanan yg kalian suka! Iyaaa!! Gue masih inget banget apa kata dokter laktasi gue, mau ASI keluar lancar? Makan makanan yg kalian suka! Karna itu akan mengeluarkan hormon oxytocin kalian. Jadi seneng truuuusss. Coba siapa disini yg habis makan makanan favorit tp ga seneng? ya GA ADA LAH! Karna makan itu hal yg paling gampang untuk bikin kita seneng hihi
  5. JANGAN STRESS!! Terutama buat Ibu ibu yg mompa mompa. Produksi ASI kalian berkurang saat puasa? Ya Normal laaaah! Tapi bukan berarti ga bisa mencukupi untuk anak kita kan. Gue tetep mompa 3x sehari, hasilnya berkurang dikit, tp Alhamdulillah masih cukup untuk hari-hari Mauza.


So yeah. that's all. Lima tips ala gue untuk Ibu Menyusui yang anaknya sudah MPASI. Kenapa gue kasih tau anak gue sudah MPASI, ya karna kebutuhan anak gue udah berbeda dibanding dulu pas eksklusif. Mungkin next nya gue bisa kasih tips yaaa buat Busui dengan bayi masih ASI Eksklusif :D

Ini hasil pompa saat puasa, ga perlu takut gengs, pasti bisa!


Ciao,
Ummu Mauza

Share:

2 comments

  1. Ini the best lah Ri.. Gilak banget bisa bgini.. *tepuktangankenceng2

    ReplyDelete
  2. Ini the best lah Ri.. Gilak banget bisa bgini.. *tepuktangankenceng2

    ReplyDelete