To Breastfeed or Not To Be

Hello!

Kali ini pengen posting yang agak bermutu :p
Yeah, hopefully useful untuk yang baca blog ini.

Judulnya aja udah "so parenting" yaaa... Maklum lah, udah jadi Emak emak jadinya sharing-nya seputar jadi emak aja lah yg gampang, ga pake ribet. Hehehehe...

Breastfeed alias menyusui pake ASI kalo di Indonesia. Ini tentunya untuk Ibu-ibu  yang baru punya bayi ya. Karna sumber utama asupan bayi itu ya Susu, either ASI ataupun Pengganti ASI (P-ASI).

Menyusui itu pilihan. Kenapa gue bilang pilihan? Karna menyusui tergantung orang tuanya. Iya. Tidak hanya dari Ibu sebagai orang yang melahirkan, tp ayah pun turut campur untuk memilih asupan bayi nya. Karna toh, membuatnya bersama, mengurusnya pun harus bersama.

Dan kalian harus tau dan fahami. ASI is still the best food for baby 0-6 months old. Karna ASI fitrahnya adalah makanan bayi. Can you imagine jaman dulu waktu blum ada susu sapi dan sejenisnya, ya bayi bayi baru lahir pasti langsung ke emaknya buat netek. Tapi, tentu saja menyusui dengan ASI tidak segampang membalikkan telapak tangan, kenapa gue bilang gitu? Karna masih banyak calon Ibu atau Ibu-ibu yang ASI nya seret, yang ga langsung ada ASI-nya setelah anaknya lahir, yang nipple flat, yang anaknya bingung puting, yang support system nya kurang alias lingkungan tak mendukung Ibu untuk menyusui, and so on yang menyebabkan pemberian ASI ke bayi terhambat, dan para orang tua beralih ke P-ASI.

Hal ini lah yang membuat gue pengen sharing soal ASI. Karna Alhamdulillah, dari lahir sampai skrg umurnya Mauza 6 bulan, Mauza masih full ASI walau gue a working-mom. Jadi ini gue mau kasih tips-tips, gimana biar ASI lancar, selancar-lancarnya.

1. Always keep a positive mind. Iya, selalulah berfikir posititf. Berfikir, anak gue ada, makanannya pasti sudah disediain sama Tuhan, so don't be afraid. Sooner or later, ASI nya pasti keluar. Biasanya ini buat Ibu-ibu yang baru lahiran dan ASI nya belum keluar padahal anaknya udah lahir. Don't get panic buibu, ini wajaaaar sekali sampai hari ketiga lahiran. Jadi tetaplah sang anak disusui, walau ASI nya tidak keluar. Dont you know? Hisapan bayi itu perangsang nomor satu untuk memancing ASI keluar, jadi tetep ditetei ya bayi-bayinya buibu.

2. Buat buibu pekerja kaya gue, jangan lupa mompa ASInya ya. Inget, anak kita tinggalin di rumah, makanannya tp harus kita provide dong! Jadi no excuse, you need to pump two or three times at work. Biasanya gue mompa jam 10 pagi, 2 siang, dan 5 sore. But yeah, I know, kenyataannya ga bisa gitu kan, adaa aja masalah di kantor itu. Bos minta kerjaan lah, harus nelp pihak ketiga lah, and so on yg menyebabkan kita mundur mompa. It's okaaay! Diatur aja waktunya, yg penting tetep 3 kali yaaa buibu. Biasanya aku klo udah mepet banget, sehabis pulang kerja, nyampe rumah langsung mompa, jadi 2x di kantor, pulang kantor mompa di rumah.

3. Nah untuk mendukung poin dua di atas, you need to buy the gear which is breastpump! Gilaak ya gue bersyukur banget hidup di jaman serba canggih ini, penemuan breastpump ini brilliant! Hahahaha.. Breastpump ini ada dua tipe, manual dan elektrik. Kalo kalian punya budget lebih, beli lah yg elektrik, karna mompa pake manual, pegel boook! Kalo kalian punya budget lebih lagi, beli lah yg dual pump, karna single pump itu makan waktu! Kebayang ga sih satu PD 15mnt, jadi kita butuhin 30mnt untuk mompa, blum nyuci alat dll huhu kerjaan tetep numpuk, tp ga berasa kerja karna mompa, so yeah, buibu pekerja kusarankan beli dual breast pump yg elektrik. Ini merk nya macem-macem, yg paling terkenal banget sih medela & spectra, yg udah jadi favorit buibu pekerja atau eping mom banget. Gue sendiri karna bekerja dan punya budget lebih, belinya yg double breast pump elektrik tp merk Haenim dari Korea (akan di review terpisah kenapa gue beli ini dan bukan merk yg org org doyan).

4. Makanlah makanan yg bikin kalian senang! Iya. Dulu sebelum lahiran, gue dan bebek ikutan kelas menyusui yg diadain di klinik tempat kita check up. Dan gue masih inget banget dokter laktasinya bilang "Bu, makan makanan yg Ibu doyan ya klo mau ASI nya lancar, ga ngaruh tuh booster booster ASI yg lain, klo Ibu ga doyan mah ASI nya juga akan seret" dan percaya ga percaya it works on me! Gue ga pernah pake booster apa-apa, jarang makan daun katuk dll, Alhamdulillah ASI nya ada aja buat anak gue.

5. Minumlah air putih yg banyak! Ketika lo jauh dari anak, dan harus mompa, minumlah air putih yg banyak, niscaya ASI yg di pompa juga bertambah. Ciyuuuussss!

6. Kasihlah pengertian ke orang-orang sekitar, terutama suami, betapa pentingnya ASI sebagai makanan pertama bagi anak. Harus berpegang teguh!! You can!!! Kalaupun lingkungan sekitar banyak celotehannya, please, gausah di denger! Itu akan membuat lo stress, dan produksi ASI lo malah jadi mampet, so you better not listen to them. Keep in mind, you can give what you need to give to your baby.


So that's it. Enam poin diatas semoga bisa membantu teman teman sekalian untuk memberikan makanan terbaik ke buah hati tersayang :)

Buat yg belum bisa kasih ASI, jangan kecil hati ya. Pada akhirnya kita semua cuman mau yg terbaik untuk anak kita. Kita udah usaha, dan insyaAllah usaha kita bisa memberikan hasil yg terbaik pula.

Adios,
Ummu Mauza

Share:

0 comments