Menyambut bulan Haji dengan Perbanyak Amalan

Assalammualaikum,


Bulan Dzulhijjah sering sekali terlupakan oleh kita sebagai umat Muslim, terutama di Indonesia. Pasalnya di bulan ini, amalan-amalan yang dikerjakan hukumnya Sunnah. Sunnah sering sekali di lupakan oleh umat Muslim, karna dianggap tidak dikerjakan tidak mengapa. Well, beberapa tahun terakhir ini, pola pikir saya tentang Sunnah berubah, yaitu: "Jika tidak dikerjakan, rugi!"

Perihal bulan Dzulhijjah, kita disunnah-kan untuk memperbanyak amal di 10 hari pertama, bisa dengan melakukan dzikir, perbanyak sholat sunnah, berpuasa, bersedekah, membaca Al-Qur'an dan lainnya ibadah yang dianjurkan dalam agama. Hal ini berdasarkan dalil hadits Rasulullah SAW yang berbunyi:


عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ عَنِ النَّبِىِّ – صلى الله عليه وسلم – أَنَّهُ قَالَ « مَا الْعَمَلُ فِى أَيَّامِ الْعَشْرِ أَفْضَلَ مِنَ الْعَمَلِ فِى هَذِهِ » . قَالُوا وَلاَ الْجِهَادُ قَالَ « وَلاَ الْجِهَادُ ، إِلاَّ رَجُلٌ خَرَجَ يُخَاطِرُ بِنَفْسِهِ وَمَالِهِ فَلَمْ يَرْجِعْ بِشَىْءٍ »

Artinya: 

"Dari Ibnu ‘Abbas, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, ia bersabda, “Tidak ada amalan yang lebih mulia dari amalan yang dilakukan pada sepuluh hari pertama Dzulhijjah.” Para sahabat berkata, “Tidak pula bisa ditandingi dengan jihad?” “Walaupun dengan jihad. Kecuali jika seseorang keluar berjihad lalu sesuatu membahayakan diri dan hartanya lantas ia kembali dalam keadaan tidak membawa apa pun”, jawab beliau (HR. Bukhari no. 969)."

Dari hadits yang disebutkan di atas, sudah sangat jelas sekali sepuluh hari pertama Dzulhijjah sangatlah mulia, bahkan lebih mulia dari hari-hari lainnya, termasuk 10 hari terakhir bulan Ramadhan sekalipun, walau puasa di bulan Ramadhan itu wajib.

Amalan-amalan apa saja yang dapat kita kerjakan selama 10 hari di bulan Dzulhijjah? Tentunya banyak sekali, berikut saya  sampaikan:

1 – 9 Dzulhijjah

  • - Puasa sunnah awal Dzulhijjah. Jika tidak mampu selama 9 hari full, boleh semampunya saja.
  • - Perbanyak takbir mutlak, maksudnya takbir yang tidak dibatasi waktu dan tempat. Boleh saat di pasar, di jalan, di kendaraan, di rumah, diperintahkan untuk terus bertakbir seperti layaknya takbiran hari raya.
  • - Perbanyak amalan shalih seperti sedekah. Tersenyum kepada sesama muslim termasuk sedekah loh! :)
  • - Larangan potong rambut dan kuku dari awal Dzulhijjah sampai hewan qurban disembelih, ini khusus untuk yang niat melakukan Qurban yaaa!

9 Dzulhijjah

  • - Puasa Arafah. Jika tidak dapat puasa 8hari sebelumnya, sempatkan lah untuk melakukan puasa Arafah di tanggal 9 ini, karena di dalam Hadits disebutkan, puasa Arafah dapat menghapuskan dosa setahun lalu dan setahun kemudian. Sifatnya past tense & future tense gengs! Ga percaya? nih dalilnya:

  • صِيَامُ يَوْمِ عَرَفَةَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ وَالسَّنَةَ الَّتِى بَعْدَهُ وَصِيَامُ يَوْمِ عَاشُورَاءَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ
    Artinya:
  • Puasa Arofah (9 Dzulhijjah) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang. Puasa Asyuro (10 Muharram) akan menghapuskan dosa setahun yang lalu.” (HR. Muslim no. 1162)
  • - Perbanyak doa di hari Arafah karena sebaik-baik doa adalah doa pada hari Arafah.

9 Dzulhijjah Ba’da Shubuh Hingga Waktu Ashar pada Hari Tasyriq yang Terakhir (13 Dzulhijjah)

  • - Perbanyak takbir muqayyad, yaitu setelah shalat lima waktu maupun shalat sunnah. Baiknya tetap mendahululan dzikir setelah shalat kemudian perbanyak takbir.
 Notes: Wanita diperintahkan melirihkan suara, sedangkan laki-laki mengeraskan suara takbir.

10 Dzulhijjah

  • - Shalat Idul Adha. Yep! Sholat Ied termasuk Sunnah loh. Sunnah Muakad. Kalau ditinggalkan, Rugi banget! Datengnya cuman dua kali setahun, jadi jangan sampai terlewati yaaa! :)
  • - Penyembelihan qurban. Bagi yang mempunyai kelebihan dana untuk berqurban, jangan ragu yaa!
  • - Tidak boleh puasa. Namanya juga Hari Raya, waktunya makan enak doooongs! Jangan malah puasa, kita umat Muslim harus bergembira! :)

Hari-Hari Tasyriq (11, 12, 13 Dzulhijjah)

  • - Penyembelihan qurban
  • - Tidak boleh puasa
  • - Perbanyak doa sapu jagad: Rabbana aatinaa fid dunyaa hasanah wa fil aakhirati hasanah, wa qinaa ‘adzaaban naar.



Nah, itu dia amalan-amalan yang bisa dilakukan selama bulan Dzulhijjah bagi yang tidak melakukan Haji & Umroh tentunya. Jadi, apalagi yang kalian tunggu? Mari perbanyak amalan, tahun ini tanggal 1 Dzulhijjah jatuh di tanggal 23 Agustus 2017, jangan lupa ya gengs! :)

xoxo,
Ummu Mauza

Share:

0 comments