Jadi Emak behind the Camera? Why Not?

Can you imagine how fast everything goes? Especially on technology. Saya tidak pernah membayangkan, zaman now, semua orang bisa menjadi sutradara. Literally. Dengan kecanggihan handphone jaman now aja kita bisa loh bikin video. Bayangkan, kamu bisa jadi sutradara!






Ngomong-ngomong soal sutradara, Sabtu tgl 9 Des lalu, saya diundang oleh KEB & Bhinneka untuk mengikuti acara Bhinneka Community Zone, dan berkesempatan mendapat ilmu dari “the lady behind the camera” alias kak Bella Panggabean. Yeaaaay!

A simply Hello from the lady behind the camera

Yaampun, dari kak Bella, aku mempelajari beberapa hal, bahwa:
1. Membuat video itu berbagi cerita dan rasa. Iya, kita sebagai individu yang pengen ngeblog ataupun ngevlog, pasti punya cerita yang mau ktita sharing ke orang lain. Make sure, itu sesuatu yang bermanfaat untuk orang lain.
2. Tell a good story. Dan kak Bella menekankan, bahwa good story usually SIMPLE. Tapi ada hal yang menarik dari cerita tersebut. Dan make sure di video kamu ada awal-tengah-akhir, sehingga penonton pun tertarik untuk menontonnya sampai akhir.
3. Show them, don't tell them. Indeed. Dari cerita kita yang simple, kita harus bisa menunjukkan bahwa cerita kita menarik lewat video yang akan kita buat.
4. Build in Interaction. Pengen jadi vlogger Professional? Atau menjadi seperti kak Bella Panggabean yang seorang Cinematography? Harus PD dong dengan posting hasil-hasil karya di setiap social media yang kita miliki. Bener! Jangan malu-malu lah gengs, malu pangkal ga maju-maju. Seriously. Hihihi, jadi saat kita sudah share ke socmed, seengganya adalah penonton satu atau dua, dan lama-lama akan jadi bukit. Just like kak Bella said, usually vlogger itu tidak di endorse awalnya, tp setelah makin lama, banyak penonton, mereka yang di endorse ole produk-produk. So, jangan malu ya gengs!
5. Content. Yess, isi dari vlog kamu itu harus kamu tentukan di awal. Mau jadi beauty vlogger, parenting vlogger, food vlogger, etc. Karna hal itu akan lebih menarik penonton, dan kalian akan bisa lebih fokus dan lihai. Better, pilih yang sesuai hobi aja gengs. Jadi kita juga penyampaiannya bisa asik ;)
6. Just Shoot It! Yes, wejangan paling ampuh dari kak Bella. Kita rekam aja sis, bagus ga bagus urusan belakangan, namanya juga belajar yakan. Lama-lama juga mahir ;)

Lalu, setelah kak Bella sharing soal tips-tips membuat video, kak Bella juga mengajarkan secara teknis pengambilan video, either kalian pake hp, camera mirrorles, camera DSLR, ataupun Go-Pro. Here are the tips:
- Objek foto ga harus di tengah. Yess, kalo kalian mau yang jadi objeknya, ga harus banget kalian di tengah, bisa dari berbagai sisi, atas kanan, atas kiri, bawah kanan, dan bawah kiri
- Head Space. Maksud dari head space ini adalah adanya space antara background sama object. Jadi biar diliatnya enak sis. Tapi space  nya juga jangan kejauhan dari background ya, ambil tengah-tengah aja biar enak diliatnya hehe
- Back Light. Yes, ini sih orang-orang udah pada paham lah yaaa, kita jangan menghalangi cahaya, karna hasilnya akan gelap gengs
- Sound. Lebih baik menggunakan mic saat pengambilan video. Karna agar suaranya ga hilang. Jadi saat di record masih bisa kedengaran kita ngomong apa gengs
- Musik. Yess, biasanya dipake untuk awal-awal mulai video, ada musik pengantarnya kan gengs? Nah ternyata ini udah rame banget bisa kalian ambil free. Usually, yang free itu udah ada copywrights nya jadi kalian jangan takut lah kenapa kenapa ;)

After session from Kak Bella, ada sesi dari tim Microsoft yang mau ngenalin kecanggihan Operating System barunya, yaitu WIndows 10. Gileeee, udah sampe 10 aja, terakhir yang gue tau itu 8 haha! Gue emang ga terlalu sophisticated soal teknologi deh -___-

Nah apa aja sih yang canggih di windows 10 ini?
Karna kebetulan temanya lagi tentang tema vlog ya, jadi yang ditunjukkan adalah kecanggihan-kecanggihan yang bersinggungan sama dunia pervideo-an. Check it out:
- Paint nya udah canggih bener! Jaman dulu waktu masih sd, paint cuman dipake gambar-gambar cetek banget. Sekarang udah bisa dibikin 3d gengs! Seriously ini sih ga pusing lagi ya cari-cari software lain, udah ada dari bawaan windowsnya ini.
- Video Maker. Nah disini kalian bisa edit semua video-video, jadi lebih menggampangkan deh buat yang mau jadi vlogger.

Intinya, windows 10 ini udah all-in untuk para vlogger, jadi vlogger ga perlu pusing lagi harus cari cari software apa yang kece untuk support dunia per-vlog-an nya, karna jujur windows 10 ini udah kece banget!

Buat yang mau beli, jangan beli yang bajakan yaaa! Beli yang asli dongs! Belinya dimana lagi kalau bukan di Bhinneka. Bhinneka udah deh, one stop shopping juga buat para gadget freak, apaan juga ada. Dari powerbank, laptop, hp, operating system, accessories komputer, sampe Drone gengs!

And, anyway, that day I was so lucky! Karna menang quiz on the spot, dan instagram photo contest, jadi pulang-pulang bawa dua bungkusan dari Bhinneka! So happy!! Alhamdulillah :)





Jadi, apalagi yang di tunggu? Jadi lady behind the camera yuk, seperti kak Bella Panggabean :)


me & kak Bella


Thank you Mak Icoel dari KEB untuk kesempatannya :)

xoxo,
Ummu Mauza

Share:

1 comments

  1. Selamat ya Mak, kemarin menang euy di acara KEB dan Bhinneka..
    Sukses utk Vlog nya

    ReplyDelete