2017

Hello guys!

(btw, posting-an ini akan panjang sekali gengs!)

Ya ampun, 365 days just flew away! Rasanya bagai detik, ga berasa, padahal banyak banget yang dilalui selama setahun kebelakang. Di instagram rame banget yang bikin #bestnine2017, #gratitudelist2017, #resolusi2018, dll. Semua untuk menyambut tahun 2018.

Nah, saya juga ingin flashback sedikit, hal-hal yang sudah di lalui di tahun 2017 ini, setiap bulannya. Here they are:

January: Bekerja kembali dari cuti melahirkan. Iya, dibulan ini ngerasain gimana meninggalkan anak untuk bekerja. Awalnya mellow lama-lama biasa. Setiap saat rasanya pengen memandangi foto-foto Mauza trus, lama-lama sudah biasa kembali normal bekerja lagi. Pertama kali juga ngerasain mompa di kantor yg ga punya ruang khusus ASI. Dan strict mompa ASI 4x sehari, sebelum berangkat kerja, 2kali dikantor (jam 10 dan jam 2 atau 3), dan pulang kantor di rumah. Ohiyaa! Di bulan ini juga, suami kasih surprise berupa buku untuk anniversary pernikahan yang baru berumur setahun. Alhamdulillah

February: Masa-masa roller coaster! Why? Karna di bulan ini, tiba-tiba pengasuh Mauza mudik dan ga kembali lagi karna satu hal dan lainnya. Mauza dengan sangat terpaksa harus aku masukin daycare di tengah-tengah antara kantor dan rumah. Di bulan ini juga rumah berantakannya masyaAllah, dan hasil pompaan ASI yang berkurang dan menyebabkan aku harus mompa 5x sehari (iyaa nambah satu kali jadwal di tengah malem) untuk memenuhi kebutuhan ASI Mauza. Kurang tidur, udah kaya zombie, selalu keburu-buru di pagi hari. Dan di bulan ini, Mauza kena diare yang cukup parah, sampe bakteri ada di tubuhnya huhu maafin mama ya Nak, tp insyaAllah penyakit ini ngebikin kamu kuat selalu ya sayang dan Alhamdulillah Mauza bisa melaluinya dengan baik. Tabungan berkurang mulu karna harus bayar daycare yang sebenernya belum bisa saya dan suami afford dengan gaji kami berdua. Tapi, selalu ada hal yang selalu di syukuri, bulan ini akhirnya suami diterima bekerja di perusahaan agency setelah hampir 6 bulan menganggur, menjadi graphic designer sesuai passion-nya. Dan suami juga mulai merintis usaha. Alhamdulillah :)

March: Alhamdulillah akhirnya dapet yang mengasuh Mauza. Yeaaay! Kehidupan zombie dan roller coaster, sedikit demi sedikit hilang. Aku mulai bisa lebih nyantai dan tetep bisa mengontrol Mauza yang dititipin dengan pengasuhnya di rumah Eyangkungnya. Di bulan ini juga, Mauza pertama kalinya naik pesawat! Sempet deg-degan tp selalu saya tepis dengan, kalo nangis di nenin aja. Yet, Mauza selalu bikin saya amaze, walau saat berangkat sempet delay beberapa jam, tp Mauza ga rewel, dan jadi anak baik budi, yang bikin agak riweuh mungkin pas di pesawat Mauza maunya di dekap trus, jadi ga bisa gantian sama papanya, karna dikit-dikit merengek kalo saya bergerak. Akhirnya tangan saya berhasil jadi pegel banget nyampe ke Medan. Alhamdulillah di Medan, Mauza ga ngerepotin sama sekali. Mauza ketemu sama saudara-saudara saya di Medan, sekalian menghadiri nikahan teman baik saya.

April: Bulan ini, Mauza masuk usia 6bulan. Saatnya MPASI. Semua udah saya prepare, dan memutuskan untuk mengikuti standar WHO dengan metode spoon feeding dan finger food untuk Mauza. Alhamdulillah Mauza lancar makannya, walau ga selalu habis setiap makan. Tapi, saya bersyukur masih ada makanan yang mau masuk ke perut Mauza :)

May: Nothing much on this month, yet still grateful always! Bulan ini Mauza pertama kalinya saya bawa ndelok iwak ke Sea World bareng mama, papa, yangti, yangkung, Shanum (kakak sepupunya). Mauza seneng banget! tapi yang lebih seneng ya mamanya lah! Saya udah lama banget ga ke sea world. Jadi seneng banget liatnya, walau ada beberapa bagian yang lagi di renovasi, tapi seneng aja! Lebih seneng lagi bawa anak jalan-jalan ternyata! hahaha lalu bulan Mei tahun 2017 ini, sudah masuk Ramadhan, dengan pedenya, saya bertekad untuk tetap puasa walau sedang menyusui dan harus mompa-mompa trus. Alhamdulillah berhasil! Saya cuman bolos saat lagi red days aja :)

June: Setelah Ramadhan, dilanjutkan bulan Syawal dongs. Alhamdulillah lebaran tahun ini, pertama kali ngerasain mudik ke Jawa, tempat mbah-mbahnya suami, dan langsung bertiga sama Mauza. Berlima sih sebenernya di mobil, bareng yangkung dan yangti Mauza. Awalnya, mikir akan riweuh banget bawa bayi umur menuju 8 bulan. Tapi Alhamdulillah, such a blessing, Mauza ini emang jarang banget rewel, selalu ngebikin saya bersyukur terus-terusan. Alhamdulillah. Saya sendiri, udah pernah jalan darat ke Jawa, di bawa sama suami sebelum nikah, tp rasanya beda 360 derajat dengan perjalanan saat mudik. Karna saat mudik, ketemu macet (walau ga parah sih), rame banget orang di rest area, kamar mandi yang mending tutup mata aja deh pas buang air hahaha yet Alhamdulillah, bisa saya lalui semua itu dengan bahagia dong tentunya! Walau pas di kampung, cari sinyal aja susah banget ya gengs hahaha

July: Saya bertekad untuk menulis blog, sharing pengalaman saya menjadi seorang Ibu di tahun 2017 ini. Lalu di support oleh teman saya, cindyartha, agar ikutan kumpulan blogger. Alhamdulillah saya turuti saran doi, masuklah saya ke KEB, lalu dari situ lah saya bisa ikut event-event yang bekerjasama dengan KEB. Walau newbie, KEB tetep open loh sama new member, Alhamdulillah. Nah di bulan ini, saya ikutan event pertama saya, selengkapnya bisa liat postingan saya yang ini. And I am so grateful, bertemua dengan emak blogger yang lain, dan jadi nambah temen! :)

August: Karena sudah mulai ikut grup blogger, jadi sering blog walking, lalu menemukan situs-situs yang dari situ bisa dapet produk gratis. Seperti: hometester lifull, dan amaze aja bisa review produk gratisan! hahaha di bulan ini juga, suami pergi untuk outing, walau hanya sehari. Saat dia outing, aku dan Mauza juga pergi ke kebun sodara di daerah Bogor. Seneng deh liat yang hijau hijau. Mauza liat ladang jagung & singkong hehe. Di bulan ini juga, akhirnya ketemu sama blogger favorit aku, yaitu Andra Alodita! Yeaaay! Bisa cek cerita lengkapnya disini. Aku juga buat kue pisang favorit aku di masa kecil, dan berhasil dongs! Sungguh bangga! Staycation pertama kali, bertiga sama suami & mauza! Ke Bandung! Intinya bulan Agustus ini, sangat menyenangkan dan colourful :)

September: Ied Adha pertama sama Mauza. Tapi ya ga ngapa2in, ke rumah mertua aja haha. Tapi karna udah pernah staycation, jadi ketagihan staycation! Kita staycation lagi di Hotel Santika ICE BSD. Sungguh menyenangkan! Then, akhir bulan ini ada unexpected guess from Medan, who is she? none other than my Grandma! Yeaaaay! Ini beneran pleasant surprise banget sih. Udah 6 bulan ga jumpa, trus jadi seneng aja sis! hahahaha akhirnya yaaaaaaa, nenekku mau diajak ke jakarta dadakan!

October: Ini bulannya Mauza. Mauza satu tahun di bulan ini. Tapi kita bertiga ga ada bikin perayaan khusus atau apapun. Cuman jalan-jalan aja bertiga, makan ke restoran favorit, dan beliin mauza baju. Tapi bulan ini Mauza kehilangan tetehnya, dan kehidupan <3 aja="" bulan="" dan="" di="" dia.="" gue="" hati="" huhu="" i="" ini="" jadi="" juga="" jujur="" karna="" kehidupan="" kehilangan="" kelimpungan.="" kesayangan="" mauza="" nbsp="" ngasuh="" orang="" patah="" semua="" sih="" tapi="" teteh="" yang="">zombie & roller coaster itu balik lagi, daycare itu muncul lagi, tabungan kegerus lagi. But life goes on. Still grateful as always. :)

November: Bulan ini, papanya Mauza akhirnya ke negara impian dia sejak kecil. Kemana kah dia? Ke Jepang! Yup! Akhirnya sebelum papanya Mauza ke Jepang, udah dapet yang asuh Mauza lagi. Jadi mamanya ga kerepotan mikirin yang asuh Mauza dll. Alhamdulillah :)  Dibulan ini juga, aku mulai meal preparation. Walau ga whole meal prep nya, tapi selalu bikin menu seminggu sebelum, dan punya budget yang tetep untuk seminggu kalo ke pasar, tujuannya apa? biar ga boros sis! Ini semua terinspirasi oleh postingan ini & ini! Yess, sampe bisa nabung banyaaaak banget untuk traveling hanya dari makan! Amaze ga sih lo? gue sih amaze sis! Jadi itu yang bikin saya terinspirasi untuk selalu masak setiap hari, biar hemat! Dan duitnya bisa dialokasikan ke yang lain :) ohiya, lalu Mauza udah bisa jalan! Alhamdulillah. Seneng banget sis liatnya udah lari sana lari sini hihi :)

December: Di penghujung tahun ini, hidup sudah mulai kembali tertata. Dengan saya yang memasak terus2an, ga pernah over budget lagi. Hidup ga boros-boros banget. Cuman dibeli hal yang perlu. Mencoba memulai menjual sesuatu, walau cuman jadi reseller. Namun, again, life is a roller coaster ya. Saat baru hidup tenang, Allah menguji kita dengan cara-Nya. Yang ngasuh Mauza lagi lagi mudik ga balik lagi. Dan di akhir tahun itu, Mauza full di pegang papanya, meanwhile saya bekerja karna udah ga punya jatah cuti. But overall, seneng sih sama bulan December, karna selalu rame libur! Hahahaha...

Jadi, itu dia rekapan per bulan tentang hidup aku! Kalau kita ga menulis, rasanya tahun ini flew away begitu saja. Tapi kalo direkap, banyak banget ya kejadian selama satu tahun. Dan semuanya akan selalu ada masa-masa kita di atas dan di bawah. Walaupun ada masa dibawah, selama masih bertigaan dengan suami dan anak, why worries? :)

Sekarang waktunya menyambut tahun baru di 2018 ini! Semoga setahun kedepan ada cerita-cerita baru lagi yg bisa saya share yaaa. Semoga waktu-waktu yang berlalu bisa menjadikan pelajaran hidup untuk kita semua ya gengs! Kalau cerita kalian bagaimana? ;)


xoxo,
Ummu Mauza

Share:

1 comments

  1. Munk, I am a proud best friend. You've grown this far :)
    Semoga Mauza tumbuh menjadi anak pintar dan soleh ya munk, semoga kita semua diberikan kesehatan dan rejeki yang cukup di tahun 2018 dan semoga kita bisa menjaga friendship kita dan berkembang bersama ke arah yang lebih baik, amin.

    Love you, munk!
    www.cindyartha.com

    ReplyDelete